Kisah Katak yang ingin jadi Lembu. Kisah kata yang ingin jadi lembu adalah kisah fabel yang sangat populer. Sebuah pelajaran yang berharga tentang sifat manusia yang ingin menjadi sesuatu di luar kemampuannya. Kisah kata yang ingin jadi lembu ini,  merupakan kisah fabel dunia yang melegenda karena perumpannya yang mengena. Berikut ini kisahnya..

Kisah Katak yang ingin jadi Lembu

Adalah sekumpulan anak katak yang sedang bercengkerama di tepi sebuah padang rumput. Tiba-tiba muncul seekor lembu yang sangat besar merumput. Lembu itu hampir saja menginjakan kakinya pada sekumpulan katak. Hal ini menjadikan anak-anak katak itu gemetaran setengah mati dan berloncatan kesana- kemari untuk menyelamatkan diri.
Salah seekor dari anak-anak katak itu berloncat-loncat pulang menemui induknya. Sianak kata bercerita pada ibunya: “kami sedang duduk-duduk dekat kolam di tepi rerumputan, lalu tiba-tiba muncul seekor binatang lewat… amboi besarnya ia…” anak kata itu mulai mengadukan pada ibunya.
Lalu induk kata bertanya: “Seberapa besar binatang itu? Apakah ia sebesar saya?”
Anak kata menjawab: “Oh ..dia lebih besar lagi”
Kemudian si induk katak memompa dirinya hingga menggelembung besar lalu bertanya, “Nah apakah binatang itu sebesar ini?”
Anak katak menjawab: “.. kurang besar..lagi..”
Si induk kata menjadi penasaran, lalu dengan sekuat tenaganya dia terus berusaha membuat dirinya sebesar lembu. Dia mencoba dengan begitu kuat hingga akhirnya ia meledak. Karena kebodohannya, si induk kata akhirnya binasa. Dan karena  ketidak tahuannya anak katak telah membuat dirinya menjadi yatim.
Dari kisah Katak yang ingin jadi lembu diatas, kita dapat mengambil pembelajaran, bahwa kita tidak seharusnya memaksakan diri untuk menjadi sesuatu di luar kemampuan kita. Atau bahasa kasarnya orang dengan kemampuan kecil tapi ingin jadi orang besar.