Pengertian dan definisi Afferent. Afferent adalah saraf-saraf yang membawa rangsangan ke susunan saraf pusat. Afferent tersebar merata di seluruh tubuh. Afferent terbesar terdapat pada permukaan kulit. Afferent yang paling penting adalah neuron afferent yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari organ ke saraf pusat, baik sumsum tulang belakang atau otak. Neuron afferent disebut juga neuron sensorik.

Pengertian Afferent

Afferent yang paling penting adalah neuron afferent. Dalam sistem saraf, neuron aferen membawa impuls saraf dari reseptor atau organ perasa menuju ke sistem saraf pusat . Istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan hubungan relatif antara struktur . Neuron aferen berkomunikasi dengan interneuron khusus. Keadaan ini menggambarkan hubungan relatif antara struktur. Neuron aferen berkomunikasi dengan interneuron khusus. Aktivitas berlawanan dari apa yang di lakukan afferent di sebut efferent. Jalur afferent di gunakan untuk mengirimkan sentuhan atau rangsangan yang terjadi di tubuh. Baik yang bersifat menyenangkan ataupun menyakitkan. Contohnya, Suatu rangsangan yang menyakitkan yang di lakukan terhadap tubuh akan menciptakan suatu sensasi tersendiri di otak yang baru di rasakan setelah informasi tentang stimulus sampai ke syaraf otak melalui afferent.
Neuron afferent adalah neuron pseudounipolar, yang memiliki dendrit tunggal yang panjang dan akson pendek, serta sel tubuh yang halus dan bulat. Dendrit tersebut secara struktural dan fungsional mirip dengan akson dan mielin. Dendrit akson seperti inilah yang membentuk saraf afferent.
Neuron afferent terkumpul di luar sum-sum tulang belakang yang terdiri dari ribuan badan sel saraf aferen yang membengkat di bagian akar dorsal sehingga di kenal sebagai  ganglion akar dorsal. Ada neuron afferent yang di kenal dengan istilah Somas neuron aferen yang terletak di sistem saraf perifer dan akson dari sel-sel ini berjalan dari ganglion ke ganglion sebelum mengarah kembali ke sum-sum tulang belakang. 
Semua sensasi yang dirasakan oleh tubuh akan di alirkan keotak melalui neuron afferent. Perjalanan ini sangat panjang tapi karena terjadi begitu cepat maka waktu tidak menjadi kendala. Perjalanan sensai menuju otak dimulai dari ganglion akar dorsal lalu singgah ke sumsum tulang belakang. Dari sumsum tulang belakang ke medula, dari medula kemudian mengarah ke lemniskus medial dari otak tengah. Dari sini kemudian menuju ke korteks somatosensori primer dari lobus parietal dan sampai ke sistem syaraf yang bertanggung jawab mengekspresikan sensasi ke dalam benuk rasa. 

Incoming search terms: