Festival Lima Gunung Magelang. Festival Lima gunung adalah sebuah festival tahunan yang di selengarakan oleh Komunitas Lima Gunung. Disebut Festival Lima Gunung karena pelaksana acara tersebut adalah masyarakat petani yang bermukim di lereng lima gunung yang ada di kabupaten Magelang, yaitu: gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Andong (Telomoyo), gunung Menoreh dan gunung Sumbing.

Festival Lima Gunung merupakan sebuah pagelaran kesenian yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional rakyat yang di padu dengan kesenian modern. Festival lima gunung pertama kali diselengarakan  pada tahun 2002. Setiap kali festival lima gunung di selengarakan di berbagai tempat yang masih termasuk di wilayah lima gunung tersebut dan setiap tahunnya acara semakin bertambah meriah.

Pada Festival Lima Gunung, kita dapat melihat bagaimana para petani tampil beda dari kesehariannya. Para petani yang biasanya pergi ke sawah, kini menari, melukis, atau memainkan musik. Keseluruhan dari para petani yang turut serta meramaikan festival Lima gunung adalah mereka yang menjadi anggota dari kelompok kesenian yang tergabung dalam komunitas lima Gunung.

Festival Lima Gunung berlangsung selama seminggu. Acara pembukaan dipusatkan di tempat tertentu. Kemudian masing-masing komunitas akan menggelar pentas kesenian di daerahnya masing-masing dengan jadwal yang berbeda. Pada saat penutupan, seluruh komunitas akan berkumpul Studio Mendut untuk pentas penutupan. Kelompok seni yang tergabung dalam Komunitas Lima Gunung antara lain adalah Padepokan Cipto Budoyo, Komunitas Teaterikal Gadung Melati, Kelompok Seni Topeng Ireng, Kelompok Kesenian Wargo Budoyo, Kelompok Bekso Turangga Muda, dan Cahyo Budoyo Sumbing.