Benda GPRS dan Edge. Perbedaan akses internet menggunakan GPRS dan Edge terletak pada kecepatannya.  Secara teori kecepatan GPRS adalah sekitar 56 – 11 kbps, sedangkan Edge memiliki kecepatan lebih tinggi lagi yaitu 384 kbps. Sedangkan fasilitas yang di tawarkan sama, yaitu e-mail, mms, browsing internet. Untuk mengetahui lebih jelas tentang perbedaan GPRS dan edge dapat di lihat dari definisinya masing-masing, yaitu:

GPRS (General Packet Radio Service) : teknologi internet yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2.5G. Fasilitas yang diberikan oleh GPRS : e-mail, mms (pesan gambar), browsing internet. Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps.

EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) : merupakan perkembangan dari teknologi GSM, rata-rata memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 384kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing).