Hipnotis dan Gendam. Hipnotis dan gendam adalah suatu kegiatan paranormal di mana seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lain. Hipnotis dan gendam bedanya sangat tipis yaitu pada penggunaan dan konotasinya. Hipnotis adalah mempengaruhi pikiran orang lain dengan cara memberi sugesti dari satu pihak ke pihak lain dimana pihak yang akan dihipnotis  harus siap dan bersedia menerima sugesti tersebut baru bisa berhasil. Jika pihak yang akan di hipnotis tidak bersedia, biasanya tidak berhasil. Sedangkan Gendam adalah hipnotis yang dilakukan seseorang secara memaksa dengan menggunakan kekuatan pikiran dan tenaga batin / tenaga gaib. Karena bersifat memaksa, maka bersedia atau tidak yang akan di hipnotis tidak jadi masalah. Gendam biasanya di lakukan dengan menggunakan benda tertentu, biasanya sebelum di gendam, si korban di beri sesuatu seperti permen, minuman, makanan, dll.

Meski memiliki nama dan cara pelaksanaan yang berbeda, tetapi pada dasarnya Hipnotis dan Gendam memiliki konsep yang sama. Konsep dasar hipnotis dan gendam adalah menghilankan pikiran sadar dengan cara membimbing frekuensi otak seseorang pada tingkat tertentu. Untuk bisa di hipnotis atau di gendam, seseorang harus berada pada kondisi pikiran kosong, melamun, atau mengantuk. Ahli hipnotis bisa membuat ‘korban’nya mencapai frekuensi otak ini dengan menyuruh si korban memperhatikan suatu benda atau membayangkan sesuatu seperti yang di perintahkan oleh si ahli hipnotis.

Siapapun bisa belajar hipnotis dan gendam. Yang di perlukan adalah niat dan keseriusan dalam berlatih. Rutinitas akan membantu seseorang menjadi lebih baik seperti kata pepatah ‘practise make perfect’. Sedangkan bagi anda semua yang tidak berminat untuk mempelajari ilmu hipnotis atau gendam sebaiknya belajar untuk membentengi pikiran dan otak anda dari pengaruh orang lain. Karena seseorang yang pikirannya kosong dan suka melamun lebih mudah di hipnotis.