Telekinesis dan Psikokinesis. Telekinesis dan Psikokinesis adalah dua kata yang berbeda yang memiliki maksud yang sama. Telekinesis dan Psikokinesis adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kemampuan seseorang yang dapat mengerakan Telekinesis benda dari jauh dengan kemampuan pikiran.  Telekinesis berasal dari kata Tele yang artinya jauh dan kinesis yang artinya gerakan. Sedangkan Psikokinesis berasal dari kata psiko (psyche) yang berarti pikiran, dan kinesis yang berarti gerakan.  Tidak ada kondisi atau syarat tertentu dalam menggunakan kedua kata ini. Semua bisa di gunakan tergantung dari kesukaan dan kemudahan dalam mengucapkan.

Telekinesis atau Psikokinesis adalah suatu kegiatan paranormal (Paranormal Activity) yang berupa kemampuan untuk mempengaruhi pergerakan sebuah benda dari jarak jauh. Kegiatan ini meliputi mengangkat, menggetarkan, membengkokkan, mematahkan, menggerakkan atau memindahkan benda dari jarak jauh. Bahkan ada yang bisa mengangkat diri sendiri melayang di udara (levitation). Telekinesis atau Psikokinesis hingga saat ini belum bisa di buktikan secara umum. Meski secara ilmiah kegiatan paranormal seperti ini bisa di terima nalar. Pasalnya kekuatan pikiran seseorang sangat kuata terutama jika seseorang itu sedang berkonsentrasi.

Pada dasarnya, kemampuan telekinesis atau psikokinesis adalah bakat alami yang biasanya telah di miliki seseorang sejak lahir. Namun begitu ada juga yang berpendapat bahwa telekinesis atau psikokinesis dapat di pelajari dan di latih. Dengan latihan konsentrasi yang cukup rumit seseorang di rasa akan mampu mempengaruhi suatu benda. Contoh tokoh telekinesis yang pernah terkenal adalah Uri Geller dan Nina Kulagina. Namun sayangnya, kemampuan mereka belum bisa di buktikan secara umum dan di curigai sebagai salah satu trik sulap.