Faktor-faktor Penyebab timbulnya Jerawat. Jerawat atau acne vulgaris adalah penyakit murah meriah yang pengobatannya mudah-mudah susah. Tidak semua orang pernah berjerawat. Meski sebagian besar orang terutama remaja pernah berjerawat. Jerawat tidak timbul dengan sendirinya tetapi ada pemicunya. Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. faktor-faktor tersebut antara lain adalah:

8 Faktor penyebab Jerawat

1. Produksi sebum yang berlebihan
Produktivitas kelenjar minyak pada masing-masing orang berbeda. Ada yang produktivitasnya tinggi ada juga yang rendah. Produktivitas sebum yang rendah biasanya membuat kulit menjadi kering. Sedangkan produktivitas sebum yang tinggi akan menyebabkan kulit berminyak. Tingginya produksi sebun oleh kelenjar minyak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori sehingga menyebabkan munculnya komedo.

2. Faktor usia
Jerawat sebagian besar banyak menyerang kaum remaja terutama di awal-awal masa pubertas. Usia yang paling rentan terserang jerawat adalah antara 15 hingga 24 tahun. Tetapi ada juga yang sifatnya permanen, sehingga akan menyerang sepanjang masa atau selama bertahun-tahun tanpa menghiraukan faktor usia.

3. Faktor keturunan
Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang bersifat turunan. yaitu diturunkan dari orang tua ke anak. Jerawat seperti ini merupakan salah satu kelainan genetik yang di wariskan. Meski tidak semua penderita jerawat batu di pengaruhi oleh faktor keturunan, tetapi dari hasil penelitian diketahui, jika ada seseorang dalam anggota keluarga menderita jerawat batu maka pasti ada anggota keluarga yang lain yang pasti menderita bersamanya.

4. Hormon
Ada banyak hormon yang berpengaruhi pada pembentukan jerawat. Terutama hormon kelamin seperti androgen, estrogen, progesteron, dan hormon yang terbentuk dari kelenjar hipofisis. Hormon kelamin seperti androgen dan progesteron dapat meningkatkan produksi sebum yang pada wanita biasanya menyebabkan jerawat yang tumbuh menjelang menstruasi.

5. Pola makan
Meski belum terbukti benar, tetapi dalam pandangan umum, makan makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Karena komposisi utama sebum adalah minyak dan lemak yang di sertai sedikit protein, keratin dan karbohidrat. Mengkonsumsi buah-buahan yang banyak dan berkualitas dapat mengurangi resiko memiliki wajah berjerawat. Karena vitamin C dalam buah-buahan tersebut dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat.

6. Iklim
Iklim dan musim berpengaruh terhadap timbulnya jerawat di wajah. Di daerah tropis atau di musim panas, wajah berjerawat akan membaik, karena sinar UV dari matahari dapat berguna untuk membunuh mikroba dilapisan kulit sehingga dapat mengurangi infeksi dan peradangan.

7. Penggunaan kosmetik dan obat-obatan
Kosmetik dan obatan-obatan kimia yang di konsumsi terkadang dapat berpengaruh pada timbulnya jerawat. Bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik terkadang menyebabkan alergi  dan mengandung bahan yang bersifat komedogenik yaitu menyebabkan munculnya komedo.

8. Stress
Stres tidak secara langsung menyebabkan munculnya jerawat. Tetapi karena biasanya pada orang-orang yang stres ada hormon yang tertentu yang keluar yang memicu timbulnya jerawat.  Stress juga berpengaruh terhadap pola hidup dan pola makan seseorang. Seperti malas mencuci muka, atau membersihkan wajah. Juga orang stress cenderung menghibur diri dengan memakan makanan secara berlebihan tanpa perduli pada asupan giji yang dibutuhkan.

Incoming search terms: