Manfaat Asertivitas bagi Siswa. Asertivitas merupakan kemampuan seseorang untuk mengemukakan pendapat, saran, dan keinginannya secara langsung, jujur, dan terbuka pada orang lain. Asertivitas muncul secara spontan pada para siswa yang memiliki rasa percaya diri dan tidak minder. Untuk menanamkan asertivitas pada diri remaja usia sekolah, ada dua komponen utama yang sangat berperan, yaitu orang tua dan guru di sekolah. Orang tua harus mampu mengembangkan iklim keterbukaan dalam keluarga, dialogis, dan demokratis. Siap mendengarkan, memotivasi berbagai permasalahan yang dihadapi anak dalam kehidupannya

Usia sekolah merupakan masa di mana seseorang mulai banyak berinteraksi secara intensif dengan lingkungan di luar keluarganya. Pada usia remaja semacam itu, sikap dan perilaku asertif akan sangat bermanfaat terutama ketika bergaul dengan orang lain, baik yang sama usia dan status sosialnya maupun yang berbeda. Manfaat yang bisa dipetik oleh seorang siswa yang memiliki kemampuan asertif antara lain:

Manfaat Asertivitas bagi Siswa

  1. Sikap dan perilaku yang asertif akan memudahkan remaja dalam bersosialisasi, menjalin hubungan interpersonal secara efektif, untuk berinteraksi dengan siapapun.
  2. Dengan kemampuan mengungkapkan apa yang dirasakan dan diinginkan secara langsung, dapat menghindari munculnya ketegangan, perasaan tidak nyaman akibat menahan dan menyimpan sesuatu yang ingin diutarakannya.
  3. Asertivitas akan membuat remaja mampu mencari solusi dari berbagai kesulitan yang dihadapinya, sehingga permasalahan tidak menjadi beban yang berlarut-larut.
  4. Asertivitas akan membantu remaja untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya, memperluas wawasan tentang lingkungan, dan tidak berhenti pada sesuatu yang tidak diketahuinya.
  5. Asertif terhadap orang lain yang bersikap atau berperilaku yang kurang tepat, bisa membantu remaja bersangkutan untuk lebih memahami kekurangannya sendiri dan bersedia memperbaiki kekurangannya itu.