Cara Mengatasi Inflasi. Inflasi merupakan momok nomor satu yang di takuti oleh suatu negara. Karena inflasi menyebabkan sistem ekonomi dalam suatu negara menjadi labik dan tidak stabil. Stabilitas ekonomi adalah faktor penting dalam menciptakan kemakmuran dan keamanan suatu negara. Karena jika ekonomi terjamin, maka kejahatan berbasis ekonomi dapat di tekan sehingga negara menjadi relatif aman. Tetapi selalu saja setiap permalahan pasti ada jalan keluarnya, begitu juga dengan inflasi. Sebelum mengatasi inflasi, ada baiknya di kaji dulu apa penyebab inflasi agar penanganannya berjalan dengan efektif, efisien dan tepat sasaran.

Cara Mengatasi Inflasi

Secara umum ada beberapa cara mengatasi inflasi yang dapat diterapkan, diantaranya adalah:

1. Cara mengatasi inflasi dengan menggunakan kebijakan moneter, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan kebijakan ini, contohnya adalah dengan politik diskonto, cara politik diskonto ini dilakukan dengan cara menaikkan suku bunga bank, dengan harapan agar masyarakat lebih tertarik untuk menyimpan uang yang dimilikinya dibank, jika cara tersebut sukses, maka jumlah uang yang beredar akan berkurang. Contoh lain dari kebijakan moneter adalah dengan politik sanering, sanering merupakan istilah untuk pemotongan nilai uang, bukan pemotongan jumlah angka uang (redenominasi).

2. Cara mengatasi inflasi dengan menggunakan kebijakan fiskal, ada beberapa cara juga yang dapat dilakukan dengan kebijakan ini, salah satu contohnya adalah dengan pajak, dengan tarif pajak dinaikkan diharapkan uang yang beredar akan berkurang, uang yang beredar berkurang karena jumlah pajak yang disetorkan oleh masyarakat lebih besar (banyak) daripada sebelum tarif pajak naik.

3. Cara mengatasi inflasi dengan kebijakan non-moneter, contoh dari cara mengatasi inflasi dengan kebijakan ini adalah dengan meningkatkan produksi, pemerintah membantu dan mendorong para pengusaha untuk menaikkan atau meningkatkan produksinya, diharapkan dengan meningkatnya produksi akan menghasilkan output yang lebih banyak, dengan output yang beredar dipasaran lebih banyak maka harga diharapkan akan turun sehingga inflasi dapat diatasi.