Manfaat Diet Kolang Kaling. Kolang kaling adalah buah dari pohon aren. Agar kolang-kaling dapat berbuah, maka batang aren tidak boleh disadap. Kolang kaling iedentik dengan es buah atau di buat manisan. Teksturnya yang kenyal, tawar terkadang bikin ketagihan yang memakannya. Sepintas, kalau di amati kolang-kaling mirip dengan nata dalam warna dan tekstur. Tetapi kolang kaling 80 lebih kenyal daripada nata, kecuali yang masih muda. buah kolang kaling

Manfaat Diet Kolang Kaling

Kolang kaling banyak di jumpai di bulan puasa dan biasanya di gunakan sebagai hidangan buka puasa. Di hari-hari biasa, kolang-kaling jarang di temui, dan kalaupun ada orang biasanya enggan memakannya. Mungkin karena tidak sedang puasa. Padahal, kolang kaling sangat bermanfaat untuk di makan oleh mereka yang sedang diet. Terutama diet karbohidrat. Karena kolang-koling ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap juga sebagai buah. Ada protein, vitamin, mineral dan juga karbohidrat di dalamnya.

Menurut vivekananda.hubpages.com buah kolang kaling kaya akan kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium yang bisa menyegarkan tubuh, serta memperlancar metabolisme tubuh. Di samping itu, buah kolang kaling juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang merupakan asupan penting bagi kesehatan tubuh Anda. Tak cukup sampai di situ, di setiap 100 gram kolang kaling mengandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram dan serat kasar 0,95 gram. Kadar air kolang-kaling relatif mencapai 94%.

Selain itu, kolang kaling juga memiliki kadar gelatin yang cukup tinggi seperti yang telah dilansir di en.wikipedia.org sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Rajin mengkonsumsi buah kolang-kaling juga bisa membantu memperlancar proses pembuangan air besar secara teratur. Ini karena salah satu manfaat kolang-kaling yang juga kaya serat. Karena itu, daripada anda mengkonsumsi obat-obatan dan jamu-jamuan buatan pabrik yang tidak tahu apa kandungan dan bagaimana efek sampingnya, lebih baik anda manfaatkan kolang-kaling sebagai makanan diet.