Definisi Peptida. Pengertian Peptida. Arti kata peptida. Peptida yaitu:

Peptida adalah molekul rantai pendek yang terbentuk dari 2 atau lebih asam amino yang dihubungkan oleh ikatan peptida (amida). Jika asam amino berjumlah kurang dari 50 maka di sebut peptida, tetapi jika lebih dari 50 maka di sebut protein. Para peptida terpendek adalah dipeptida, terdiri dari 2 asam amino bergabung dengan ikatan peptida tunggal, diikuti oleh tripeptida, tetrapeptida, polipeptida, dll.  Ikatan kimia kovalen terbentuk ketika gugus karboksil satu asam amino bereaksi dengan gugus amino lain. Peptida terdapat pada setiap makhluk hidup dan berperan pada beberapa aktivitas biokimia. Peptida dapat berupa enzim, hormon, antibiotik, dan reseptor.  Contoh peptida: hormon insulin, bradikinin, dan oksitosin.

Jenis-jenis Peptida

Berdasarkan kemiripan struktur dan fungsinya, peptida di kelompokan menjadi 3 kelompok, yaitu:

  • Peptida Ribosomal adalah Peptida yang disintesis dari translasi mRNA, berfungsi sebagai hormon dan molekul signal pada organisme tingkat tinggi. Dan mempunyai strukstur linear.
  • Peptida non-Ribosomal adalah Peptida yang disintesis dengan kompleks enzim, terdapat pada organisme uniselular, tanaman, dan fungi.  Peptida non-ribosomal ini mempunyai struktur inti yang kompleks dan mengandung pengaturan yang berbeda-beda untuk melakukan manipulasi kimia dalam menghasilkan suatu produk. Secara umum, struktur peptida ini berbentuk siklik, walaupun ada juga yang berbentuk linear. Peptida Hasil Digesti (Digested peptides) adalah peptida yang terbentuk dari hasil proteolisis non-spesifik dalam siklus digesti.
  • Peptida hasil digesti secara umum merupakan peptida ribosomal, akan tetapi tidak dibentuk dari translasi mRNA. Peptida hasil digesti  ini juga dapat dibentuk dari protein yang didigesti oleh enzim  protease khusus, seperti digesti tripsin.

Anda sedang membaca artikel Peptida  jika ingin menautkan artikel ini, permalinknya adalah http://kamuslife.com/peptida-adalah-definisi-dan-arti-kata/Terima Kasih sudah mengunjungiPortal Informasi Pendidikan.  Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Amin.

Biokimia
Biomassa
Bioremediasi
Biodegradasi
Detrivora
Dekomposer