Definisi Echinodermata. Pengertian Echinodermata. Arti kata Echinodermata. Yang di maksud dengan Echinodermata. Echinodermata yaitu:

ECHINODERMATA adalah hewan yang memiliki kulit berduri dan keras terbuat dari zat kapur maupun kitin, tubuh simetri radial, memiliki lima lengan, mulut dibawah dan anus diatas. Hewan ini hidup dilaut yang tenang dengan air yang jernih, dan tidak bergelombang. Kata enchinodermata berasal dari bahasa Yunani yang artinya kulit berduri. Enchinodermata adalah satu-satunya fillum hewan terbesar yang semua anggotanya hidup di laut. Hewan ini mempunyai keunikan, yaitu mempunyai kemampuan untuk melakukan regenerasi pada bagian tubuhnya yang hilang, persisi seperti kemampuan yang di miliki oleh cicak saat kehilangan ekornya.

Klasifikasi Enchinodermata

Fillum enchinodermata di temukan hampir di semua  kedalaman laut.  Ada sekitar 20 ribu spesies enchinodermata yang telah muncul sejak periode kambrium awal. 13 ribu diantaranya sudah punah, yang tersisa tinggal  7.000 spesies yang masih bisa di jumpai saat ini. Fillum enchinodermata di klasifikasikan kedalam 5 kelas, yaitu:

  1. Asteroidea
    Bentuk seperti bintang, organ organ bercabang kelima lengan, warna hitam, biru kecoklatan, merah jingga. Banyak dijumpai dipantai. Contoh Asteroidea: Astropecten irregularis, Crossaster supposus, Culcita sp.
  2. Ophiuroidea
    Lengan panjang menyerupai ular, sering disebut bintang ular laut, tidak memiliki anus. Warna kehitam hitaman, terdapat disela sela bebatuan. Contoh Ophiuroidea: Ophiolepsis sp. (Bintang Ular)
  3. Crinoidea
    Mirip dengan tumbuhan, memiliki 5 lengan yang bercabang cabang, melekat pada bebatuan. Contoh Crinoidea: Antedon, Ptilocrinus pinnatus (Lilia Laut)
  4. Echinoidea
    Tubuh dipenuhi duri yang terbuat dari zat kapur, ada yang pendek dan ada yang panjang, bentuk bulat, tidak memiliki lengan. Contoh Echinoidea: Deadema saxatile (Landak Laut.
  5. Holothuroidea
    Tubuh tidak berduri, kulit halus dan lunak, bentuk tubuh seperti ketimun, warna coklat, kehitaman dan putih, banyak dijumpai ditepi pantai. Contoh Holothuroidea: Holothuria atra (Teripang Hitam)