Definisi virus. Pengertian Virus. Arti kata virus. Yang di maksud dengan Virus. Virus yaitu:

Virus adalah partikel organik yang bersifat mikroskopik yang mengandung materi genetik dan mempunyai sifat peralihan antara makhluk hidup dan benda mati. Virus bukanlah sel karena dapat di kristalkan dan tidak menunjukan aktivitas kehidupan dalam kondisi bebas. Tetapi begitu menginfeksi sel makhluk hidup lain, virus segera berkembang dan membuat materi genetik dari komponen-komponen sel inang untuk kemudian berreplika sehinga terbentuk virus-virus baru yang kemudian mengendalikan sel inang.

imageArti kata virus adalah racun. Kata ini berasal dari bahasa latin Virion. Hal ini berdasarkan sifat alami virus yang bersifat racun dan patogen bagi inang yang di infeksinya. Reproduksi atau perkembangbiakan virus hanya dapat terjadi pada sel hidup yang diinfeksinya. Oleh karena itu, semua virus merupakan parasit obligat, artinya semua virus betul-betul hanya dapat hidup sebagai parasit. Virus tidak termasuk dalam klasifikasi makhluk hidup lima kingdom. Virus mempunyai taksonomi sendiri yang Klasifikasi dan penamaannya telah dirintis sejak 1966 oleh International Commitee on Taxonomy of Viruses (ICTV).

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang virus yang wajib untuk di ketahui, diantaranya adalah:

  • Virus adalah parasit nonseluler berukuran sangat kecil, hanya mampu berkembang biak dalam sel yang diinfeksinya.
  • Virus dapat berkembang biak secara litik dan lisogenik.\
  • Struktur virus hanya terdiri atas materi genetik DNA atau RNAdan protein.
  • Beberapa virus dapat dilengkapi oleh pembungkus atau “envelope” berupa lipoprotein.
  • Suatu virus dengan materi genetik yang terbungkus oleh pembungkus protein disebut partikel virus atau virion.
  • Virus dapat berperan sebagai penyebab penyakit baik pada hewan, tumbuhan maupun manusia, bahkan beberapa penyakit mematikan pada manusia dapat disebabkan virus.
  • Saat ini virus dapat dimanfaatkan sebagai vektor (pembawa) dalam rekayasa genetik dan sebagai agen penyebab mutasi.

Virus pertama yang di temukan manusia adalah virus yang menginfeksi tanaman tembakau. Virus tersebut oleh Wendell M. Stanley, seorang ahlibiokimia Amerika di berinama Tobacco Mozaic Virus (TMV).

Incoming search terms: