Definisi sehat. Pengertian Sehat. Yang di maksud dengan sehat. Arti kata sehat. Sehat yaitu:

Sehat adalah kondisi di mana segala sesuatu yang berhubungan berjalan dan bekerja dengan baik. Sehat bukan hanya menyangkut kondisi makhluk hidup, tatpi juga kondisi benda yang mempunyai kinerja, fungsi dan mekanisme mirip manusia. Seperti mesin misalnya. Jika sebuah mesin bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya tanpa ada gangguan, maka dia katakan kondisinya sehat. Begitu pula manusia, jika semua komponen sehat yang ada pada manusia bekerja dengan baik dan sesuai fungsinya maka di sebut juga sehat. Kata-kata “kesehatan” atau “sehat” juga dapat digunakan dalam konteks non-medis dan non-teknis, seperti pada suatu kondisi ekonomi, politik dan keamanan.

Definisi Sehat

Sehat berasal dari kata bahasa Arab ‘ash-shihhah’ yang artinya sembuh, selamat dari cela, nyata, benar dan sesuai kenyataan. Setelah di Indonesiakan, kata sehat mempunyai beberapa arti, diantaranya adalah:

  • bebas dari sakit
  • sembuh dari sakit
  • mendatangkan kebaikan pada badan, dll.

Dalam bahasa Inggris di kenal istilah health yang merujuk pada kondisi yang yang sama dengan sehat.  Health sendiri berasal dari kata bahasa ingris ‘hale’ yang artinya keutuhan, menjadi utuh, dan baik’. Hale sendiri berasal dari kata kailo, akar bahasa proto indo eropa yang berarti ‘utuh, tidak terluka dan pertanda baik’.  Kailo berasal dari khalbas, akar bahasa Proto Jermanik yang berarti sesuatu yang di bagi. Tetapi ketika di artikan dalam bahasa Indonesia, di peroleh kata sehat, yang artinya kurang lebih sama, yaitu bebas dari penyakit.

Jadi yang di maksud dengan sehat adalah suatu kondisi di mana seseorang terbebas dari segala jenis penyakit, baik penyakit jasmani, mental ataupun spiritual.