Hukum Mendel II atau hukum Asortasi bebas. Hukum mendel II disebut juga hukum pengelompokan gen secara bebas atau The Law of Independent Assortmen of Genes. Sebelum mencetuskan hukum ini, mendel melakukan penelitian dengan menggunakan persilangan dengan dua sifat beda atau disebut persilangan dihibrid. Mendel menggunakan dua sifat beda dari tanaman ercis, yaitu bentuk dan warna biji. Oleh Mendel, tanaman ercis biji bulat-kuning disilangkan dengan tanaman ercis biji berkerut-hijau. Hasilnya, semua keturunan F1 berupa tanaman ercis biji bulat-kuning. Pada persilangan antar individu F1 didapatkan 16 kombinasi gen dengan empat fenotip, yaitu tanaman ercis biji bulatkuning, biji bulat-hijau, biji berkerut-kuning, dan biji berkerut-hijau.

Bunyi Hukum Mendel II

Hukum mendel II berbunyi:

bila dua individu mempunyai dua pasang atau lebih sifat, maka diturunkannya sepasang sifat secara bebas, tidak bergantung pada pasangan sifat yang lain

Hukum mendel II hanya berlaku untuk persilangan dengan dua sifat beda (dihibrid) atau lebih (polihibrid). Pada pembentukkan sel kelamin (gamet), alel mengadakan kombinasi secara bebas sehingga sifat yang muncul dalam keturunannya beraneka ragam. Dengan kata lain, alel dengan gen yang memiliki sifat yang berbeda tidak saling memengaruhi dan gen-gen dari sepasang alel memisah secara bebas ketika terjadi meiosis selama pembentukan gamet. Contohnya gen yang menentukan tinggi badan, atau warna bunga.

Pada persilangan dihibrid, terlihat adanya pemisahan dan pengelompokkan alel F1 pada masing – masing sifat, sehingga gamet – gamet memiliki alel dominan dan resesif. Bila F1 disilangkan maka akan memiliki kedua macam alel pada masing-masing sifat (AaBb). Populasi F2 hasil persilangan antar F1 ini akan menghasilkan perbandingan fenotip 9 (A-B-) : 3 (A-bb) : 3 (aaB-) : 1 (aabb). Perbandingan genotip dapat diperoleh dengan menjumlahkan genotip-genotip yang sama di antara 16 genotip yang terbentuk dalam diagram punnet. Bunyi hukum mendel II ini memicu terjadinya  penyimpangan semu hukum mendel.

Incoming search terms: