Definisi anthropoda. Pengertian Anthropoda. Yang dimaksud dengan anthropoda. Arti kata anthropoda. Anthropoda yaitu:

Anthropoda adalah kelompok hewan tripoblastik  yang memiliki tubuh bersegmen, simetri bilateral dengan kaki yang memiliki ruas. Anthriopoda berasal dari kata bahasa Latin, anthra yang artinya ruas/buku/segmen, dan podos yang artinya kaki. Jika di satukan maka arti kata anthropoda adalah hewan yang punya kaki beruas atau bersegmen. Kelompok hewan anthropoda dapat di ditemui di berbagai hewan anthropodaekosistem, baik air tawar, laut, padang pasir, hutan, padang rumput, dll. Bahkan di lingkungan rumah kita sering kali kita menjumpai kelompok hewan anthropoda.

Ciri-ciri anthropoda

Sebagai hewan bersegmen, anthropoda memiliki ciri khas yang unik yang membedakannya dari makhluk hidup lainnya. Ukuran tubuh anthropoda beragam, dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran 60 cm. Tetapi yang paling sering kita temui adalah yang berukuran kecil. Jumlah segmen yang di miliki juga beragam. Pada setiap segmen terdapat sepasang kaki yang beruas. Segmen-segmen yang menyusun tubuh hewan antrhopoda secara umum di bedakan menjadi 3, yaitu:

  • Kaput (segmen kepala)
  • Toraks (segmen dada)
  • Abdomen (segmen perut)

Ciri lainnya, tubuh anthropoda mempunyai eksoskeleton atau kutikula keras yang membentuk rangka luar. Meskipun tubuh terdiri dari beberapa segmen, tetapi tetap memiliki fungsi yang sama dengan tubuh makhluk hidup lain. Metabolisme tubuhnya juga di dukung oleh beberapa sistem organ, diantaranya:

  • Sistem pencernaan Arthropoda terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Mulutnya dilangkapi dengan berbagai alat tambahan yang beragam dan berbeda pada masing-masing spesien, seperti  mandibula dan maksila pada belalang.
  • Sistem pernafasan Arthropoda ada yang  menggunakan insang, trakea, atau paru-paru buku.
  • Sistem ekskresi anthropoda dilakukan oleh organ eksresi yaitu saluran malpighi/tubula Malpighi, kelenjar ekskresi, atau keduanya.
  • Sistem sirkulasi Arthropoda bersifat terbuka, yang terdiri dari jantung, pembuluh darah pendek, dan ruang disekitar organ tubuh yang disebut sinus atau hemosol. Darah Arthropoda disebut juga hemolimfa.
  • Sistem Reproduksi Anthropoda biasanya terjadi secara seksual, tetapi ada juga yang aseksual yaitu dengan cara partenogenesis.

Arthropoda diklasifikasikan menjadi 20 kelas berdasarkan struktur tubuh dan kaki.Berikut ini akan diuraikan empat kelas diantaranya yang paling umum, yaitu Kelas Arachnoidea, Myriapoda, Crustacea, dan Insecta. Contoh kelompok anthropoda yang sering kita jumpai di lingkungan rumah antara lain adalah kepiting, kelanang, semut, laba-laba, dan lain-lain.