Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang ampuh melindungi sel-sel tubuh dan bahan gizi penting serta membantu proses penyembuhan, membantu mengurai lenak, dan meningkatkan effisiensi oksigen. Jika asupan vitamin E kurang pada tubuh maka sel darah merah mudah rusak kemudian terbelah. Pada keadaan ini terjadi kerusakan pada sistem otot dan syaraf. Nantinya orang tersebut akan mengalami kesulitan dalam berjalan. Serta terjadinya nyeri pada otot betis. Bahkan jika kekurangan vitamin E ini cukup besar dan berkelanjutan, dapat berpotensi memicu adanya kanker baru dalam tubuh yang menyerang paru-paru, saluran pencernaan, dan payudara.

Kekurangan vitamin E juga dapat terjadi pada bayi. Ada banyak penyakit pada bayi yang disebabkan oleh kekurangan vitamin E. Apalagi pada bayi prematur yang memang memiliki cadangan vitamin E yang sedikit. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin E, diantaranya:

  • Anemia
  • Berbagai jenis Kanker
  • Radang Hati
  • Fibrosis Kista

Pda bayi prematur yang kekurangan vitamin E dalam tubuhnya akan mengalami gangguan penglihatan. Sedangkanpada anak yang memiliki usia yang lebih besar, kekurangan vitamin E ini akan menimbulkan penyakit seperti kelainan saraf, refleks menurun, gangguan penyerapan di usus, dan lemahnya otot. Perlu adanya penanganan khusus jika seseorang sudah kekurangan vitamin atau defisiensi vitamin E secara akut bahkan kronis. Untuk segera dilakukan upaya pengobatan rumah sakit, Pemberian vitamin E secara kontinu agar tidak timbul penyakit yang lebih besar seperti kanker usus, kanker payudara atau kanker paru-paru.