Gurun Lut atau dash e lut adalah gurun garam besar yang terletak di tenggara Kerman Iran. Permukaan pasir pada tempat itu merupakan tempat terpanas di dunia dengan suhu 70,78oC dan merupakan salah satu gurun terkering di dunia. Iran secara aiklim merupakan bagian dari sabuk gurun  Afro-Asia yang membentang dari pulau-pulau Cape Verde di Afrika Barat sampai gurun Monggolia, di Cina daratan. Tidak banyak Gurun Lutorganisme yang mendiami gurun lut, bahkan bisa dianggap, gurun Lut hampir tidak berpenghuni dan merupakan zona abiotik. Hal mungkin di sebabkan karena suhu diatas permukaan pasir sangat ekstrim sehingga mikroba biasa yang sebagian besar berkembang biak pada suhu kamar mati. Dan makhluk berdarh panas seperti pun enggan menempati daerah gurun bercuaca ekstrim tersebut. Karena walaupun di sebut sebagai makhluk berdarah panas, binatang-binatang tersebut mempunyai ketahanan tubuh terhadap panas yang terbatas. Daerah kering dengan suhu ekstrim hanya akan menyebabkan makhluk hidup mengalami dehidrasi.

Dash-e-lut atau guruan lut merupakan cekungan gurun yang memiliki luasan sekitar 480 kilometer (300 mil) panjang dan 320 kilometer (200 mil) lebar. Karena merupakan daerah cekungan, gurun lut menjadi dataran paling rendah di Iran di bandingkan dengan dataran tinggi yang berupa pegunungan dengan habitat yang beraneka ragam dan merupakan daerah penyerapan air hujan. Secara komposisi, dataran gurun lut terdiri dari berbagai komponen abiotik dengan berbagai pola yang membuatnya menjadi daerah tambal sulam jika di lihat secara utuh dari suatu ketinggian. Daerah bagian timur gurun lut adalah dataran rendah yang di tutupi dengan dataran garam. Sebaliknya, pusat telah diukir oleh angin menjadi serangkaian pegunungan paralel dan alur-alur, memperluas lebih dari 150 km (93 mil) dan mencapai 75 meter (246 kaki) tingginya.  Daerah ini juga penuh dengan jurang dan sinkholes. Tenggara adalah hamparan luas pasir, seperti erg Sahara, dengan bukit-bukit pasir 300 meter (980 kaki) tinggi, di antara yang tertinggi di dunia.

Dash-e-lut memiliki berbagai julukan, selain di sebut sebagai gurun terpanas di dunia, gurun lut juga di sebut gurun terkering di dunia.