Gurun Lut, Tempat Terpanas Di Dunia terletak DI Iran. Gurun Lut atau Dasht-e Lut adalah tempat yang di akui memiliki suhu terpanas di dunia. Pengukuran suhu pada tahun 2005 mencatat suhu tertinggi sepanjang masa di tempat tersebut adalah 70.72oC. Suhu tersebut melebihi suhu pasteurisasi susu. Sehingga ada pendapat yang menyebutkan, bahwa jika segelas suhu di letakan secara terbuka di gurun lut maka tidak akan basi. Karena mikroba biasa yang dapat mengkontaminasi makanan tidak dapat hidup dalam suhu yang ekstrim tersebut, kecuali mikroba tahan panas yang biasanya mengkontaminasi makanan kaleng.

Gurun LutGurun Lut adalah wilayah yang memiliki iklim gurun yang aktif dengan komponen-komponen abiotik yang mempunyai kemampuan menyerap panas. Lut memiliki semua kondisi untuk menciptakan suhu ekstrem, karena daerah adalah daerah yang kering, gersang, berbatu dan tanah berwarna gelap. Seperti kita ketahui, warna gelap komponen abiotik alam mempunyai kemampuan untuk menyerap panas di bandingkan dengan komponen atau benda yang berwarna terang.

Penemuan gurun Lut sebagai tempat terpanas di dunia baru didiumumkan pada 2005 oleh peneliti Amerika serikat dari Universitas Montana berdasarkan data dari US Geological Survey (ASGS.) Pada mulanya para peneliti mengklaim gurun El Aziza di Libya sebagai tempat terpanas dengan suhu tertinggi yang tercatat adalah 57,78oC. Tapi ada juga pendapat yang mengatakan bahwa salah satu tempat di cina yang disebut Flaming Mountain, merupakan tempat terpanas di dunia sepanjang masa. Karena konon kabarnya, suhu di tempat tersebut  mencapai 80oC yang di ukur pada tahun 2008.

Bandingkan dengan suhu Jakarta, yang telah di anggap oleh sebagian orang Indonesia dan tetangga negara sebagai kota terpanas di ASIA. Rata-rata suhu terpanas di JKT tidak lebih dari 50oC, yang artinya suhu jakarta masih kalah panas di bandingkan dengan beberapa tempat lain di dunia.