Jenis-jenis Sistem Satuan. Sistem satuan adalah istilah yang di gunakan untuk menyatakan hasil dari suatu pengukuran. Baik itu ukuran panjangm ukuran massa, ukuran waktu, dll. Dahulu kala, setiap negara atau bangsa memiliki sistem satuan yang berbeda untuk mengukur suatu benda. Contohnya dalam mengukur panjang suatu benda. Ada yang menggunakan feet, yard, meter, depa, dll. Namun demi menciptakan kerja sama yang baik antar bangsa, maka di ciptakanlah sebuah sistem satuan yang dapat di gunakan oleh semua bangsa dalam menjalankan transaksi antar mereka. Sistem satuan baru tersebut di kenal dengan sistem satuan Internasionak atau SI.

Jenis-jenis Sistem Satuan

Dalam SI hanya di kenal 7 satuan pokok. Namun ilmu pasti (matematika, fisika, kimia), di kenal 2 jenis satuan internasional yang di gunakan dalam mengukur suatu benda, yaitu:

1. Sistem MKS Sistem MKS disebut juga sistem Dinamis Besar. MKS merupakan singkatan dari meter, kilo dan sekon (detik)

Besaran Satuan
Panjang Massa Waktu Kuat arus Suhu Intensitas cahaya Jumlah Zat meter kilogram detik ampere kelvin kandela mol

2. Sistem CGS Sistem CGS di sebut juga sistem dinamis kecil, merupakan satuan turunan dari satuan pokok. Sistem CGS merupakan sistem satuan yang di gunakan untuk mengukur suatu benda yang ukurannya lebih kecil. Satuan ini di gunakan lebih pada kemudahan menguncapkan saja. Contohnya 0,2 meter, akan lebih mudah di ucapkan sebagai 20 centimeter.

Besaran Satuan
Panjang Massa Waktu Kuat arus Jumlah Mol Intensitas cahaya Suhu centimeter gram detik statampere mol kandela kelvin