Letak Dangkalan Sunda. Dalam artikel Letak Geologis Indonesia di sebutkan bahwa Indonesia terletak diantara dua dangkalan besar, salah satunya adalah dangkalan Sunda. Dangkalan adalah wilayah laut yang sangat dangkal, biasanya kedalamanya  kurang dari 200 meter dan merupakan perpanjangan dari lempeng benua. Indonesia sendiri secara geologis sebagian besar wilayahnya terletak diatas dangkalan Sunda. 

letak dangkalan sundaLetak Dangkalan Sunda

Dangkalan sunda terletak di sepanjang wilayah laut Indonesia bagian barat yang membentang dari Semenanjung Malaya, selat Malaka, laut Jawa, Selat Karimata, teluk Siam dan laut Cina Selatan bagian selatan. Dangkalan Sunda ini rata-rata memiliki kedalaman antara 40 – 50 meter dan menghubungkan beberapa pulau besar yang ada di Indonesia diantaranya pulau Sumatera, Jawa, Kalimatan, Bali, Madura .

Dangkalan sunda adalah bagian dari paparan sunda yang merupakan landas kontinen yang menjadi perpanjangan dari lempeng benua Eurasia di Asia Tenggara. Dangkalan sunda memiliki massa daratan utama yang berbentuk semenanjung, yaitu Semenanjung Malaya, danberbentuk pulau yaitu pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Madura, Bali, dan beberapa pulau kecil yang ada diantaranya.