Satuan Sistem Internasional. Satuan sistem Internasional atau International System of Units yang sering di singkat dengan SI adalah sistem satuan ukuran yang di resmikan penggunaannya pada tanggal 3 Oktober 1960 dan di anjurkan agar di pakai di seluruh negara di dunia dan di haruskan agar di gunakan saat melakukan transaksi antar negara. Hingga saat ini, satuan sistem Internasional telah di pakai hampir di seluruh negara di dunia. Meski ada beberapa negara yang masih menggunakan satuan lama sebagai satuan ukuran lokal.

7 Satuan Pokok Sistem Internasional

Satuan sistem Internasional ini terdiri dari 7 satuan utama, yaitu:

1. Meter (m)

Meter adalah satuan sistem Internasional yang di gunakan untuk mengukur panjang. Ukuran ini di dasarkan pada jarak tempuh cahaya di ruang hampa dalam waktu tertentu. 1 meter merupakan jarak yang di tempuh oleh cahaya dalam ruang hampa dalam waktu 1/299.792.485 detik.

2. Kilogram (kg)

Kilogram adalah satuan ukuran massa dalam SI. 1 kilogram equal dengan berat tabung prototype yang di buat dari campuran platinum iridum yang saat ini disimpan di Serves (Prancis).

3. Detik (s)

Detik adalah satuan waktu dalam SI. 1 detik sama dengan 9.192.631.770 kali getaran atom sesium-133 dengan panjang gelombang mikro.

4. Ampere (A)

Ampere adalah satuan arus listrik dalam SI. Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. 1 ampere adalah arus konstan arus konstan yang, bila dipertahankan, akan menghasilkan gaya sebesar 0.0000002 (2 x 10-7) Newton/meter di antara dua penghantar lurus sejajar, berjarak 1 meter dalam ruang hampa udara.

5. Kelvin (K)

Kelvin adalah satuan sistem Internasional untuk suhu. 1°K equal dengan 1/273,16 dari suhu termodinamik air pada titik kesetimbangan sempurna.

6. Mol (mol)

Mol adalah satuan SI untuk membilang jumlah satuan elementer suatu benda, di bandingkan dengan kuantitas atom di dalam 0,012kg unsur karbon-12.

7. Kandela (cd)

Kandela adalag satuan Sistem Internasional untuk intensitas cahaya. 1 kandela sama dengan intensitas suatu sumber cahaya yang berfrekuensi 529 x 1012Hz, yang menghasilkan daya 1/683 watt per steradian.