Senyawa Turunan Benzena. Benzena merupakan senyawa hidrokarbon aromatic yang memiliki rantai tertutup yang berbentuk cincin, mempunyai ikatan rangkap 2 selang-seling  dengan masing-masing atom karbon mengikat satu atom hidrogen. Penggantian satu atau lebih atom hidrogen yang terikat pada cincin benzene oleh atom atau gugus fungsi lain  membentuk senyawa lain yang di sebut dengan istilah Senyawa turunan benzene.

Contoh Senyawa Turunan Benzene

Saat ini kita mengenal banyak sekali macam-macam senyawa benzene. Senyawa-senyawa tersebut di buat karena memang di butuhkan dan memiliki manfaat dalam kehidupan manusia. Macam-macam senyawa benzene tersebut antara lain adalah:

1. Fenol (C6H5OH)
Fenol disebut juga asam karbolat atau benzenol. Biasa di gunakan dalam pembuatan karbol atau bahan antiseptik, desinfektan, pelarut, bahan peledak dan bahan pengawet untuk kayu.

2. Asam Benzoat (C6H5COOH/C7H6O2)
Asam benzoat merupakan salah satu bahan pengawet tambahan untuk berbagai jenis bahan pangan karena mempunyai sifat sebagai antibakterisida.

3. Natrium Benzoat (NaC7H5O2)
Natrium Benzoat adalah bentuk garam dari Azam Benzoat dan senyawa natrium . Seperti halnya asam benzoat, garam natrium benzoat juga merupakan salah satu bahan pengawet buatan yang biasa di tambahkan pada berbagai produk makanan.

4. BHA dan BHT
Butil Hidroksil Anisol dan butil Hidroksi Toluena merupakan 2 jenis senyawa turunan benzena yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang ditambahkan dalam berbagai produk lemak dan minyak untuk mencegah terjadinya proses oksidasi yang dapat menimbulkan ketengikan.

5. Trinitro Toluene (TNT)
TNT merupakan salah satu senyawa turunan benzena yang paling mudah teroksidasi. Ketika mengalami oksidasi, senyawa ini akan melepaskan energi yang sangat kuat. Sesuai sifatnya yang mudah meledak, TNT merupakan salah satu bahan peledak yang paling banyak di gunakan dalam industri senjata.

Contoh senyawa turunan benzena yang lain diantaranya adalah:

  • Nipagin dan Nipasol
  • Asam salisilat
  • Asam asetilsalisilat
  • Nitro benzena