Jenis-jenis komponen elektronika dan simbolnya. Komponen Elektronika adalah suatu alat atau benda yang menjadi bagian dari sebuah rangkaian elektronika yang terangkai dalam sebuah papan sirkuit bercetak dan bekerja sesuai dengan fungsi yang di milikinya. Komponen elektronika sangat banyak bentuk dan jenisnya. Seiring dengan perkembangan Teknologi, komponen-komponen Elektronika makin bervariasi. Tetapi komponen-komponen dasar yang menjadi bagian dari sebuah peralatan Elektronika masih tetap digunakan hingga saat ini.

Untuk memudahkan dalam merangkai sirkuit listrik, maka setiap komponen listrik atau komponen elektronik memiliki simbolnya atau lambang khasnya masing-masing. Penggunaan simbol atau lambang pada komponen listrik atau komponen elektronik bertujuan untuk memberi kemudahan pada para pencinta elektronika di dunia sehingga bisa merangkai sebuah sirkuit listrik secara tepat dan sempurna. Berikut ini adalah beberapa jenis komponen elektronika yang selalu ada pada sebuah rangkaian elektronik.

Macam-macam Komponen Elektronika dan Simbolnya

Jenis-jenis komponen elektronika yang umum di gunakan dalam suatu rangkaian elektroik atau sirkuit listrik antara lain adalah:

1. Resistor (tahanan/hambatan)simbol resistor

Resistor atau disebut juga dengan Hambatan adalah Komponen Elektronika Pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika. Simbol resistor adalah:

2. Kapasitor (kondesator)simbol kapasitor

Kapasitor adalah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan arus listrik untuk beberapa waktu. Kapasitor banyak di temukan dalam rangkaian radio. Karena selain berfungsi untuk menyimpan arus, komponen ini seringkali di gunakan untuk memilih gelombang dalam rangkaian tuner radio. Simbol kapasitor adalah:

3. Induktorsimbol induktor

Induktor adalah komponen eletronika pasif yang berupa kumparan biasanya dapat di temukan pada rangkaian tuner dan berfungsi sebagai pengatur frekuensi, penyambung, dll. Simbol induktor adalah:

4. Dioda (diode)

Dioda adalah komponene elektronika aktif yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari satu arah dansimbol dioda menghambat arus dari arah lainnya. Diada mempunyai dua elektroda, yaitu elektroda positif yang di sebut anoda dan elektroda negatif yang di sebut katoda. Simbol diada adalah:

5. Transistorsimbol transistor

Transistor adalah komponen elektronika aktif yang memiliki banyak fungsi dan merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu rangakaian elektronika. Fungsi transitor diantaranya adalah sebagai penguat arus, saklar, penyearah, dan lain sebagainya.  Simbol transistor adalah:

6. IC ( integrated circuit)simbol IC

IC adalah komponen elektronika aktif yang merupakan intergari atau gabungan dari beberapa komponen elektronika lain seperti transistor, resistor, dan lain-lain yang di kemas menjadi satu kesatuan komponen. IC mempunyai banyak fungsi, misalnya sebagai penguat, saklar, media penyimpanan, pengontrol, dll. Simbol IC adalah: