Bunyi Hukum Kekekalan Energi. Energi atau tenaga di definisikan sebagai kemampuan seseorang melakukan usaha. Energi tidak nampak tetapi dapat di rasakan. Semua energi di alam merupakan bentuk perubahan dari energi yang lain. Manusia memperoleh energi dengan memakan makanan yang berasal dari hewan atau tumbuhan. Hewan mendapatkan energi dari tumbuhan  yang di makannya. Meski bersumber dari tumbuhan, bukan berarti tumbuhan adalah sumber energi, tumbuhan hanyalah makhluk hidup yang bisa mengubah energi, yaitu mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam makanan melalui proses fotosintesis. Perubahan energi tidak pernah berakhir, tidak akan dapat di musnahkan, dan akan selalu berubah sepanjang masa, sesuai dengan hukum kekekalan energi yang berbunyi:

Bunyi Hukum Kekekalan Energi

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari 1 bentuk energi ke bentuk energi yang lain. Ada banyak bentuk energi yang di kenal di alam semesta ini, diantaranya adalah energi potensial, energi kinetik, energi listrik, energi panas, energi radiasi, energi cahaya, dll. Masing-masing dari energi tersebut bersifat fleksibela sehingga dapat berubah menjadi energi lain. Contoh perubahan energi yang mengikut bunyi hukum kekekalan energi antara lain adalah:

  • Energi radiasi diubah menjadi energi panas (Solar sel)
  • Energi potensial diubah menjadi energi listrik (PLTA)
  • Energi kimia menjadi energi listrik (batterai), dll.