Faktor-faktor yang mempengaruhi Kebutuhan Manusia. Kebutuhan manusia meliputi banyak hal, yang harus di penuhi secara baik dan benar demi tercapainya hidup yang sejahtera. Kesehateraan manusia dapat di lihat dari kemampuan manusia tersebut memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan manusia yang satu tidak selalu sama dengan kebutuhan manusia lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya Faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:

Faktor-faktor yang mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Setidaknya ada empat faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, diantaranya adalah:

1. Faktor Pendidikan
Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula kebutuhannya, terutama kebutuhan tersier yang dapat mempermudah aktivitas hidupnya. Contohnya, kebutuhan untuk memiliki komputer, gadget high-tech, dll.

2.   Faktor Lingkungan dan kondisi alam
Lingkungan termasuk salah satu factor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang berdiam di daerah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami daerah pegunungan. Penduduk pesisir lebih membutuhkan jarring, perahu, pancing, atau kapal motor agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, atau pupuk untuk bercocok tanam. Perbedaan kondisi alam yang terdapat di berbagai daerah juga mempengaruhi kebutuhan hidup masyarakatnya. Contohnya, orang yang tinggal di daerah daratan tinggi atau pegunungan membutuhkan pakaian tebal untuk mengurangi rasa dingin pada malam hari. Sementara orang yang tinggal di daratan rendah lebih senang mengenakan pakaian tipis yang terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat.

3.   Faktor Kebudayaan dan adat istiadat
Adat istiadat dan budaya di mana seorang manusia hidup akan mempengaruhi kebutuhan hidupnya. Adat istiadat bahkan mempengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang. Sehingga tercipta kebutuhan yang berbeda dengan orang lain yang memiliki adat istiadat dan budaya yang berbeda. Contohnya adalah orang jawa membutuhkan jajanan pasar berbagai rupa untuk upacara adatnya, sedangkan orang bali banyak membutuhkan berbagai jenis bunga-bungaan dan buah-buahan untuk upacara adatanya, dll.

4.   Agama dan Kepercayaan
Berbagai macam agama dan kepercayaan yang berbeda menyebabkan timbulnya perbedaan kebutuhan, yaitu kebutuhan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang di anutnya. Contohnya:  umat kristen membutuhkan pohon cemara dan kado-kado istimewa saat menrayakan hari besar agamanya. Orang muslim membuat ketupat dan lontong di hari raya, dll.