Pengertian Kebutuhan Manusia dalam Ilmu Ekonomi. Kebutuhan manusia adalah segala keinginan manusia untuk memenuhi barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan bagi jasmani atau rohani, dan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Adanya kebutuhan yang harus di penuhi yang memotivasi manusia untuk melakukan segala aktivitas yang bisa di lakukan untuk memenuhi nya. Kebutuhan membuat manusia berpikir, berupaya dan berusaha. Karena kebutuhan tidak bisa terpenuhi dengan sendirinya, tetapi harus di upayakan.

Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Selama hidupnya, manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan. Kebutuhan itu jika tidak terpenuhi, akan menimbulkan rasa ketidak puasan dan akan menimbulkan dampak tidak baik sesuai dengan tingkat kepentingannya. Seperti kebutuhan manusia akan makan-minum, itu merupakan kebutuhan vital. Jika kebutuhan manusia akan makan minum tidak terpenuhi, maka akan berdampak negatif pada kesehatan hingga dapat menyebabkan kematian.

Kebutuhan manusia sangat banyak, diantaranya adalah:

  • Kebutuhan akan makanan dan minuman (kebutuhan bahan pangan)
  • Kebutuhan akan tempat tinggal
  • Kebutuhan akan kesehatan
  • Kebutuhan akan pendidikan yang layak, dll.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh pola hidup, adat istiadat, kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan manusia banyak sekali jenisnya, sehingga untuk memudahkan mempelajarinya, kebutuhan tersebut dibedakan berdasarkan beberapa kategori. Seperti:

  • Macam-macam kebutuhan berdasarkan kepentingannya
  • Macam-macam kebutuhan menurut waktunya
  • Macam-macam kebutuhan menurut sifatnya
  • Macam-macam kebutuhan menurut subjeknya (pemakainya)

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Macam-macam kebutuhan, silah baca artikel Jenis-jenis Kebutuhan di Portal Informasi Pendidikan yang kami persembahkan khusus untuk anda.