Termometer Air Raksa. Termometer air raksa adalah termometer yang media pengukur suhunya menggunakan air raksa. Bentuknya biasanya berubah pipa kapiler dengan rongga sempit, pipih memanjang dengan air raksa berwarna perak yang di letakan dalam tabung kaca di bagian bawah. Termometer air raksa di sebut juga termometer maksimum, karena termometer ini dapat di gunakan untuk mengukur suhu/temperatur yang sangat tinggi. Di bagian batang pipa kapiler berongga sempit yang pipih dan memanjang memanjang terdapat skala yang akan menyatakan suhu yang telah di kalibrasi sesuai dengan banyaknya air raksa di dalam tabung kaca.Termometer air raksa Termometer air raksa sering di gunakan di laboratorium atau di miliki oleh ahli medis untuk mengukur suhu pasien.

Prinsip kerja Termometer Raksa

Prinsip kerja termometer air raksa sama dengan termometer alkohol, yaitu berdasarkan pada pemuaian benda cair dalam pipa kapiler. Ketika temperatur meningkat, air raksa / merkuri akan memuai dan menjalar naik memasuli pipa kapiler berskala.  Skala di mana aliran air raksa terhenti, di situlah suhu yang di nyatakannya. Pengguna kemudian dapat membaca temperatur maksimun selama waktu yang telah ditentukan. Untuk mengembalikan fungsinya, termometer harus diayunkan dengan keras. Termometer ini mirip desain termometer medis.  Adapun cara kerja termometer air raksa secara umum adalah sbb:

  1. Sebelum terjadi perubahan suhu, volume air raksa berada pada kondisi awal.
  2. Perubahan suhu lingkungan di sekitar termometer direspon air raksa dengan perubahan volume.
  3. Volume merkuri akan mengembang jika suhu meningkat dan akan menyusut jika suhu menurun.
  4. Skala pada termometer akan menunjukkan nilai suhu sesuai keadaan lingkungan.

Termometer air raksa memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan termometer air raksa antara lain adalah:

1. Kelebihan Termometer air raksa

  • Dapat di gunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi  yaitu sekitar 3600C sehingga di sebut sebagai termometer maksimum
  • Air Raksa mudah dilihat karena mengkilat.
  • Pemuaiannya sangat teratur.
  • Mudah Terpanasi secara merata, sehingga perubahan suhu sangat cepat.
  • Air Raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler, sehingga pengukurannya menjadi teliti.

2. Kekurangan Termometer Air Raksa

  • Harganya mahal dan Sukar diperoleh
  • Air Raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah karena mempunyai titik beku yang sangat tinggi yaitu 400C
  • Air Raksa termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah.