Sifat Fisika Protoplasma. Ptotoplasma adalah substansi dasar kehidupan yang mengisi rongga dalam sel yang di batasi oleh selaput plasma. Protoplasma di sebut juga sitosol. Sebagia bagian dari sebuah sel, protoplasma terbagi menjadi dua bagian. Protoplasma yang berada dalam sel di sebut sitoplasma, sedangkan protoplasma yang terdapat dalam inti sel disebut nukleusplasma. Sebagai suatu isi sel yang hidup protoplasma terdiri dari air (70% – 90%), bahan organik, dan bahan anorganik. Protoplasma merupakan suatu sistem koloid yang kompleks, yaitu suatu sistem larutan yang partikel-partikel padatnya berukuran 0,001-0,1 mikron. Berdasarkan sistem dan kandungan partikel yang dimilikinya, protoplasma mempunyai sifat fisika yang khas.

Sifat  fisika Protoplasma

Yang merupakan sifat-sifat fisika protoplasma adalah:

  1. Protoplasma dapat mengalami perubahan kekentalan dari fase sol ke fase gel dan sebaiknya. Bila kadar air tinggi koloid berbentuk sol, bila kadar air rendah koloid berbentuk gel. Kemampuan protoplasma mengalami fase sol atau gel menyebabkan protoplasma dapat mengembang dan mengkerut.
  2. Protoplasma mengalami gerak brown. Partikel-partikel koloid protoplasma selalu bergerak bebas ke segala arah. Gerakan partikel-partikel ini disebut gerak Brown. Adanya gerak Brown menyebabkan berpencarnya partikel-partikel koloid ke seluruh bagian sel sehingga transportasi zat-zat dapat terjadi.
  3. Protoplasma mengalami efek Tyndall, yaitu suatu proses pemendaran cahaya bila suatu koloid di kenai seberkas sinar.
  4. Mengalami elektroforesis, yaitu pemisahan komponen atau molekul bermuatan.
  5. Mempunyai kemampuan untuk mereduksi.
  6. Selaput plasma tersusun atas lipoprotein dan bersifat semi permiabel.
  7. Pada permukaan protoplasma, partikel-partikel koloid ini terdapat molekul-molekul yang mampu mengikat ion-ion, atom-atom, atau molekul-molekul lain melalui proses absorpsi. Hal ini memungkinkan reaksi-reaksi kimia dalam protoplasma.
  8. Mengalami pergerakan materi secara pasif ataupun aktif.
  9. Protoplasma mempunyai fungsi mekanik.