Macam-macam Teori Kalor. Teori tentang kalor setidaknya di cetuskan oleh 4 ilmuwan yang dengan segala kemampuannya telah berhasil mengadakan pengukuran dan percobaan-percobaan sehingga dapat mencetuskan teori tentang kalor yang kita kenal saat ini. Sebelum keberhasilan para ilmuwan tersebut, orang menyangka bahwa kalor adalah sejenis zat alir yang tidak mempunyai massa sehingga tidak dapat di lihat. Melalui para ahli/ilmuwan -ilmuwan tersebut, akhirnya konsep dasar kalor dapat di tetapkan dan di akui di seluruh dunia, bahwa kalor bukanlah sejenis zat alir tetapi adalah merupakan sebuah bentuk energi.

Kata kalor berasal dari dari kata caloric yang ditemukan oleh ahli kimia Prancis bernama Antonnie laurent lavoiser (1743 – 1794. Kalor memiliki satuan kalori, dimana 1 kal sama dengan jumlah panas yang di butuhkan untuk memanaskan 1 gram air naik 1oC. Beberapa ilmuwan pencetus teori dasar kalor yang telah di kenal masyarakat antara lain adalah:

Macam-macam Teori Dasar Kalor

1. Teori Kalor Joseph Black

Joseph Black (1728-1799) dalam teorinya mengatakan bahwa “Kalor yang di terima oleh benda sama dengan kalor yang di lepaskan benda lain”. Teori kalor Joseph black ini kemudian di kenal dengan istilah Azas Black. Joseph balck adalah orang pertama yang menemukan cara untuk mengukur kalor.

2. Teori Kalor Benyamin Thompsom

Benyamin Thompson (1753-1814) dari Amerika serikat mencetuskan teorinya tentang kalor yang berbunyi bahwa “Kalor dapat terjadi akibat adanya suatu gesekan”

3. Teori Kalor Robert Mayer

Robert mayer (1814-1878) adalah salah seorang ilmuwan yang menentang teori Kalor sebagai zat alir. Robert Mayer mengemukakan bahwa “Kalor adalah salah satu bentuk Energi”. Salah satu percobaan Ropbert Mayer yang mendukung teorinya itu adalah percobaan dengan mengoyang-goyang sebotol air dingin yang kemudian menjadi hangat.

4. Teori Kalor James Prescott Joule

James Prescott Joule (1818-1889) adalah seorang sarjana Inggris yang telah melakukan beberapa percobaan yang semua mendukung teori Robert Mayer bahwa Kalor adalah salah satu bentuk energi.  Saah satu percobaannya yang paling terkenal adalah percobaan mengaduk air oleh sudu dengan menggunakan beban yang di jatuhkan. Dari percobaannya itu, James Prescott Joule berhasil menemukan teori bahwa: “Kesetaraan antara satuan kalor dan satuan energi di sebut kalor mekanik”. Kesetaraan itu di beri satuan dengan menggunakan namanya Joule, dimana 1 Joule = 0,24 Kalori atau 1 Kalori = 4,2 Joule.