Nama – Nama Kerajaan Hindu Di Indonesia Beserta Rajanya. Agama hindu tersebar luas di berbagai wilayah yang ada di Indonesia, terutama di Jawa, Bali dan Sumatra. Awal sejarah Hindu  di Indonesia terungkap yaitu dengan di ketemukannya prasasti peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur dan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Pengaruh Hindu – Buddha sangat luas di Indonesia, dan hampir tidak ada pulau besar yang tidak mendapat pengaruh kecuali Papua, Maluku dan sekitarnya, serta pulau – pulau yang ada di Nusa Tenggara. Itu di sebabkan karena di anggap mempunyai jarak yang sangat jauh pada masa itu.

Daerah yang mendapat pengaruh Hindu – Buddha di Indonesia dapat di lihat dari kerajaan – kerajaan yang bercorak Hindu – Buddha, diantaranya adalah Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur, Taruma Negara di Jawa Barat, Mataram Kuno di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Sriwijaya di Sumatra, Kediri di Jawa Timur, Singasari di Jawa Timur dan Kerajaan Majapahit di Jawa Timur.

Nama-nama Kerajaan Hindu di Indonesia beserta Rajanya

Berikut adalah beberapa nama kerajaan Hindu di Indonesia dan nama Rajanya yang terkenal

  • Kerajaan Kutai yang ada di Kalimantan Timur, kerajaan ini berdiri sekitar tahun 400-500 Masehi. Dengan pusat kerajaan terletak pada aliran Sungai Mahakam Kalimantan Timur. Kerajaan kutai merupakan kerajaan tertua di indonesia. Raja yang terkenal adalah Raja Mulawarman , anak dari Asmawawarman, cucu dari Kudungga Raja pertama Kutai.
  • Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan ini berdiri kurang lebih pada abad ke – 5 Masehi, di Jawa Barat dengan Rajanya bernama Purnawarman. Kerajaan Tarumanegara adalah Kerajaan yang mendapat pengaruh agama Hindu.
  • Kerajaan Matam Kuno yang terletak di Jawa Tengah dengan raja yang pertama kali memerintah adalah Raja Sanjaya, penganut Hindu. Sanjaya menaklukan daerah sekitar Mataram Kuno, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, bahkan memerangi Sriwijaya dan Kerajaan Melayu, setelah Sanjaya wafat kepemimpinannya digantikan oleh putranya yang bernama Panagkaran.
  • Kerajaan Kediri, pada masa kerajaan kediri, perkembangan masyarakatnya sudah jauh lebih maju di bandingkan dengan masyarakat yang hidup pada masa – masa sebelumnya. Raja Kediri yang terkenal adalah Raja Jayabaya yang meimpin Kerajaan ni mulai dari tahun 1135 sampai dengan 1157.
  • Kerajaan Singasari. Perkembangan masyarakat pada zaman Kerajaan Singasari sudah sangat maju. Raja yang pertama memimpin adalah Ken Arok, Ken Arok adalah cikal bakal Raja – Raja di Singasari dan Majapahit. Ken Arok hanya memerintah selama lima tahun karena dia dibunuh oleh seorang pengalasan atas perintah Anusopati (anak Ken Dedes dari tunggul ametung).
  • Kerajaan Majapahit, Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya dengan bantuan Arya Wiraraja. Mulai dari perkembangan masyarakat, perkembangan kebudayaan, dan perkembangan pemerintahan pada masa Kerajaan Majapahit terbilang sangat maju bersamaan dengan kebesaran Kerajaan Majapahit itu sendiri. Raja – raja yang pernah memerintah di Majapahit diantaranya adalah Raden Wijaya, Jaya Negara, Tribhuwanatunggadewi Jayawisnuwardani, dan Hayam Wuruk.