Tingkat Kematangan Gonad menurut Tester dan Takata. Tingkat kematangan Gonad adalah kondisi organ kelamin pada ikan siap untuk bereproduksi.  Ada banyak cara untuk menentukan tingkat kematangan Gonad pada ikan salah satunya adalah penentuan tingkat kematangan gonad ikan menurut Tester dan Takata.

Tingkat Kematangan Gonad menurut Tester dan Takata (1953)

  1. Tidak masak. Gonad sangat kecil seperti benang dan transparan. Penampang gonad pada ikan jantan pipih dengan warna kelabu. Penampang gonad ikan betina tampak bulat dengan warna kemerah-merahan.
  2. Permulaan masak. Gonad mengisi seperempat rongga tubuh. warna gonad pada ikan jantan kelabu atau putih dan berbentuk pipih, sedangkan pada ikan betina berwarna kemerahan atau kuning dan berbentuk bulat. Telur tidak tampak.
  3. Hampir masak. Gonad mengisi setengah rongga tubuh. Gonad pada ikan jantan berwarna putih, pada ikan betina kuning. Bentuk telur tampak melalui dinding ovari.
  4. Masak. Gonad mengisi tiga perempat rongga tubuh. Gonad jantan berwarna putih berisi cairan berwarna putih. Gonad betina berwarna kuning, hampir bening atau bening.Telur mulai terlihat. Kadang-kadang dengan tekanan halus pada perutnya maka akan ada yang menonjol pada lubang pelepasannya.
  5. Salin. Hampir sama dengan tahap kedua dan sukar dibedakan. Gonad jantan berwarna putih, kadang-kadang dengan bintik cokelat. Gonad betina berwarna merah, lembek dan telur tidak tampak.