Gerak Lurus dalam Ilmu Fisika. Dalam Ilmu Fisika, sebuah benda di katakan bergerak terhadap benda lain kalau posisinya berubah menurut waktu. Dan sebuah benda di katakan diam kalau posisinya tidak berubah menurut waktu. Benda yang bergerak selalu memiliki lintasan. Lintasa adalah titik-titik yang di lalui oleh benda saat bergerak.  Dalam fisika di kenal ada tiga jenis gerakan dasar, yaitu:

  1. Gerak lurus, yaitu gerak benda yang lintasanya berupa garis lurus
  2. Gerak lengkung, yaitu gerak benda yang lintasannya berupa garis lengkung,
  3. Gerak melingkar, yaitu benda yang lintasannya berupa lingkaran.

Gerak lurus FISIKADalam pertemuan kali ini, kita hanya akan membahas tentang benda yang bergerak lurus.  Karena kita akan membicarakan tentang gerak lurus, maka kita harus mengetahui apa saja besaran-besaran yang berperan dalam berperakan benda secara lurus. Besara-besaran yang harus kita pahami yang berkaitan dengan gerak lurus antara adalah:

  • Jarak, adalah panjang lintasan yang di tempouh oleh suatu benda
  • Perpindahan, adalah perubahan posisi dari suatu benda
  • Kecepatan, adalah jarak yang dapat di tempuh oleh satu benda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam satu detik.

Gerak lurus teragi menjadi dua, yaitu:

  1. Gerak lurus beraturan (GLB), adalah benda yang kecepatan perpindahannya selalu tetap.
  2. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB), adalah benda yang kecepatan perpindahannya selalu berubah-ubah. Berdasarkan jenis perubahannya GLBB di bedakan menjadi 2, yaitu:
    • Gerak lurus berubah beraturan di percepat, yaitu jika semakin lama gerakan benda semakin cepat dan penambahan kecepatan selalu sebanding dengan waktunya .
    • Gerak lurus berubah beraturan di perlambat, yaitu jika semakin lama kecepatan gerakan benda semakin berkurang dan pengurangan kecepatannya selalu sebanding dengan waktunya.