Definisi Halofit Ekstrim. Halofit ekstrim adalah  mikroorganisme yang tahan hidup di daerah ektrim seperti perairan dengan kadar garam tinggi (halofil), contohnya Halobacterium.  Halofil berasal dari bahasa Yunani halo yang artinya garam danphilos yang artinya pencinta. Kelompok mikroba ini hidup di tempat dengan kadar garam tinggi seperti Great Salt Lake dan Laut Mati. Beberapa spesies halofil ekstrem memiliki toleransi terhadap salinitas (kadar garam rendah), sementara spesies lainnya memerlukan suatu lingkungan yang sepuluh kali lebih asin dari air laut, untuk dapat tumbuh.

Dalam taksonomi , yang Halobacteria (juga Halomebacteria) adalah kelas dari Euryarchaeota, ditemukan dalam air jenuh atau hampir jenuh dengan garam. Mereka juga disebut halophiles , meskipun nama ini juga digunakan untuk organisme lain yang hidup di air asin terkonsentrasi kurang sedikit. Mereka yang paling umum di lingkungan di mana sejumlah besar garam, kelembaban, dan bahan organik yang tersedia.

Sebagian besar mikroorganisme Halofit ekstrim ini bersifat aerob heterotrof meskipun ada yang bersifat anaerob dan fotosintetik dengan pigmen yang dimilikinya berupa bakteriorodopsin. Habitat nya adalah lingkungan berkadar garam tinggi, seperti di danau Great Salt (danau garam), Laut Mati, atau di dalam makanan yang bergaram.