Situs Resmi SSCN-BKN dan Kepanjangan SSCN

Situs Resmi SSCN-BKN dan Kepanjangan SSCN. SSCN adalah singkatan dari Sistem Seleksi CPNS Nasional. SSCN ini merupakan salah satu PORTAL yang akan dapat di manfaatkan di situs resmi BKN jika ada Penerimaan CPNS. Isinya kurang lebih berhubungan tentang informasi penerimaan CPNS, Syarat Pendaftaran, Jadwal Ujian, bahkan pengumuman Hasil Seleksi CPNS akan di ada di sana. Seperti telah di sebutkan sebelumnya, bahwa PORTALN SSCN BKN hanya bisa di manfaatkan jika ada penerimaan CPNS, jika tidak ada, maka situs itu hanya akan menampilkan halaman index saja.

Melalui SSCN sepertinya pemerintah ingin mewujudkan tekad untuk memiliki Pegawai Negeri Sipil yang profesional, berkualitas, dan bertanggung jawab. Karena itu di perlukan sistem  penerimaan CPNS yang transparan dan akuntabel serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pemerintah melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran (registration) online. Sistem pendaftaran CPNS online ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah. Untuk bisa melakukan pendaftaran, para calon peserta harus bisa mengakses PORTAL SSCN-BKN ini.

Bagi para peserta Seleksi CPNS harus di ingat satu hal, situs resmi pemerintah selalu menggunakan domain ekstension : go.id. Bukan yang lainnya. Untuk penerimaan pegawai, situs yang penyelengara adalah www.mempan.go.id melalui portalnya http://panselnas.menpan.go.id  dan www.bkn.go.id melalu portal SSCN-BKN . Sementara untuk PORTAL SSCN-BKN situs resminya adalah http://sscn.bkn.go.id yang saat ini (2016) masih menampilkan halaman index karena belum ada informasi tentang Penerimaan CPNS 2016.

Sementara situs-situs lain yang ada di internet yang mencatut nama SSCN-BKN, Panselnas, atau apapun yang berkaitan dengan penerimaan CPNS tapi tidak berdomain ekstension go.id dan merupakan Portal dari lembaga terkait, maka patut di waspadai. Karena saat ini banyak sekali situs aba-abal yang menggunakan nama SSCN-BKN atau Panselnas yang bukan situs pemerintah tapi di tampilkan seolah-olah milik pemerintah. Bahkan ada diantara situs-situs tersebut yang menawarkan konsultasi dan koordinasi bagi calon peserta yang ingin di terima sebagai PNS dengan membeirkan nomor telpon/ no hp pribadi. Jika sudah begitu, anda di sarankan untuk berpikir ulang. Karena melalui situs resminya di Menpan.go.id pemerintah menyatakan bahwa sistem seleksi CPNS menggunakan metode CAT yang terbukti mampu menutup kecurangan dalam seleksi CPNS. Sehingga CPNS yang di terima murni nerdasarkan hasil seleksi bukan hasil Nepotisme.