Beda Saraf Pusat dan Saraf Tepi (Saraf perifer)

Beda saraf pusat dan saraf perifer. Sistem saraf terbagi menjadi dua bagian utama, dua-duanya sama penting dan saling terkait. Kedua bagian saraf itu adalah saraf pusat dan saraf perifer. Saraf pusat adalah sistem saraf yang terdapat di dalam otak dan sumsum tulamg belakang. Saraf perifer atau saraf tepi adalah sistem saraf yang terletak di luar otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf pusat dan saraf periferĀ  memiliki fisiologi dan cara melakukan informasi yang sama, dan didukung oleh struktur yang serupa pula, tapi meski begitu Saraf pusat dan saraf perifer memiliki perbedaan yang sangat besar dan signifikan. Beda saraf pusat dan saraf perifer antara lain adalah:

Perbedaan saraf Pusat dan Saraf perifer

  1. Memiliki komponen utama yang berbeda. Komponen utama saraf pusat adalan otak, dan sumsum tulang belakang. sedangkan komponen utama saraf tepi adalah serabut saraf, ganglia, dan ujung saraf.
  2. Memiliki selubung sel yang berbeda. Sarap pusat di selubungi oleh Oligodendrosit sementara saraf tepi (perifer) di selubungi oleh sel schwan.
  3. Saraf Pusat mengacu pada sistem saraf pusat sedangkan Saraf Perifer mengacu pada Peripheral Nervous System (PNS).
  4. Sistem Saraf Pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang sedangkan sistem Saraf ferifer terdiri dari sistem saraf otonom dan sistem saraf somatik.
  5. Sistem Saraf Pusat menangani informasi tidak disengaja/refleks sementara Saraf perifer yang menangani informasi sadar.
  6. Sistem saraf pusat dilindungi oleh tulang dan penghalang darah otak sedangkan Sistem saraf perifer tidak.
  7. Sistem saraf pusat berkaitan dengan penyimpanan, memahami dan melaksanakan informasi dengan tepat, tetapi Sistem saraf perifer lebih tentang transmisi untuk struktur yang jauh.
  8. Varietas utama pada Sistem saraf perifer dapat diklasifikasikan dengan mudah, tetapi fungsi Sistem saraf pusat dari berbagai tingkat dan perlu pemahaman yang lebih besar.
  9. Suatu kerusakan struktur Sistem saraf perifer hanya akan menyebabkan kerusakan lokal, tetapi kerusakan struktur Sistem saraf pusat dapat menyebabkan kerusakan global.

Incoming search terms: